5 Langkah Menuju Sukses

Tentukan Tujuan
Menentukan tujuan akan memberi visi jangka panjang dan motivasi jangka pendek. Ini juga akan membantu mengatur waktu dan menghindari gangguan-gangguan yang tidak diinginkan. Pertama, tentukan tujuan jangka panjang. Bisa untuk tiga, lima atau sepuluh tahun ke depan (misalnya menjadi manajer di divisi kita). Kemudian tentukan serangkaian rencana tahunan, bulanan dan mingguan. Buat lagi rencana hariannya. Rencana yang tepat akan membuat kita tetap fokus, membantu mengukur dan mencapai tujuan serta membuat kita merasa lebih puas dalam bekerja.

Konsentrasi
Pemenang sejati mempunyai kemampuan untuk menghindari semua gangguan dan berkonsentrasi. Jika pikiran mulai bercabang-cabang atau terlalu mengkhawatirkan segala sesuatunya, katakan pada diri untuk tetap fokus.

Jangan Putus Asa
Jika membuat kesalahan, jangan menyesal berlarut-larut. Segera mengambil langkah selanjutnya. Setiap langkah yang diambil merupakan sebuah kesempatan baru.

Jangan Memaksakan Diri
Jika tidak lagi menikmati apa yang dikerjakan, evaluasi tujuan dan tentukan rencana baru. Belajar untuk berkata “tidak” jika tidak menginginkannya.

Bangun Rasa Percaya Diri
Rasa percaya diri berhubungan erat dengan kesuksesan. Percaya pada diri sendiri akan mencegah gangguan-gangguan seperti rasa takut atau gugup. Untuk membangun rasa percaya diri disarankan untuk:

  • Membuat daftar kekuatan diri dan seringlah membacanya untuk mengingatkan betapa hebatnya diri kita.
  • Angkat kepala tinggi-tinggi dan jaga selalu sikap tubuh yang positif meski sedang mengalami kegagalan. Cara bertindak mempengaruhi pada apa yang kita rasakan.
  • Kompetensi. Berlatih dengan keras dan tahu apa yang harus dikerjakan dan tetap mengasuh keterampilan.

Sumber: karirplus No.10/Vol.2/25 Juni – 15 Juli 2005.




Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco