Installasi Oracle 10g XE di Ubuntu 9.04

Mungkin sudah banyak orang yang menuliskan artikel semacam ini di blog masing-masing. Tapi, niat saya menuliskan artikel ini hanya sekedar catatan bagi diri saya sendiri agar kelak jika suatu saat saya membutuhkannya saya tidak perlu ‘berlama-lama’ surfing di internet cukup dengan membuka catatan yang tersedia di blog sendiri :D. Tulisan ini merupakan hasil ‘ramuan’ antara hasil ‘mengintip’ dari beberapa blog sumber juga berdasarkan praktik yang telah saya lakukan. Melalui tulisan ini saya juga meminta maaf jika ada blog-blog yang saya kutip tapi tidak saya cantumkan disini.

Oracle 10g XE dapat di download di situs www.oracle.com adapun file yang digunakan untuk proses installasi ini adalah oracle-xe-universal_10.2.0.1-1.0_i386.deb. Sebelum men-download anda harus mempunyai account terlebih dahulu jika tidak anda harus membuat account terlebih dahulu (gratis koq). Sebelum melakukan proses installasi ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu:

  • JAVA sudah terinstall jika belum install dengan perintah sudo apt-get install sun-java6-jdk kemudian set variabel JAVA_HOME.
  • install pustaka libaio1 dengan perintah sudo apt-get install libaio1.

Untuk installasi saya akan menggunakan modus grafik (kebiasaan di windows sich) yaitu dengan cara klik kanan kemudian klik Open With GDebi Package Installer selanjutnya ikuti saja perintah-perintahnya (kayak di windows). Setelah proses installasi selesai melalui console ketikkan perintah sudo /etc/init.d/oracle-xe configure kemudian ikuti perintah-perintahnya.

Tambahkan baris berikut dengan mengetikkan sudo gedit .bashrc di console:

 
     ORACLE_HOME=/usr/lib/oracle/xe/app/oracle/product/10.2.0/server
     PATH=$PATH:$ORACLE_HOME/bin
     export ORACLE_HOME
     export ORACLE_SID=XE
     export PATH

Langkah terakhir dari proses installasi ini daftarkan user ubuntu kita sebagai dba dengan cara ketikkan perintah berikut di console sudo gedit /etc/group kemudian tambahkan user kita disebelah group dba sehingga akan tampak seperti berikut dba:x:1002:hape. Untuk menjalankan hasil installasi melalui browser ketikkan perintah berikut http://127.0.0.1:8080/apex/.

Untuk mengubah default port dapat dilakukan dengan cara mengetikkan sqlplus di console lalu masukkan username dan password. Setelah masuk ke dalam sistem maka di console akan muncul tulisan SQL> kemudian ketikkan 4 baris berikut:

 
begin
     dbms_xdb.sethttpport('2010');
end;
/

lalu tekan enter maka di console akan muncul tulisan berikut PL/SQL procedure successfully completed. Saat ini jika akan menggunakan oracle maka di browser harus mengetikkan http://127.0.0.1:2010/apex/. Melalui sqlplus dapat juga digunakan untuk mengimport data dengan mengetikkan start nama_file.sql

Untuk melakukan proses uninstall dapat dilakukan dengan mengetikkan perintah berikut di konsole sudo dpkg -r oracle-xe-universal kemudian setelah selesai ikuti dengan perintah berikut sudo dpkg –purge oracle-xe-universal untuk menghapus service oracle di komputer kita.

GUI yang digunakan untuk database ini adalah sql developer dan proses installasi yang akan dibahas adalah untuk installasi yang berbasis file rpm. Untuk dapat menginstall file rpm ini terlebih dahulu kita harus menginstall library alien dengan cara mengetikkan sudo apt-get install alien di terminal. Library ini akan mengkonversi dari file rpm menjadi deb. Setelah itu ketik sudo alien -k sqldeveloper-1.5.53.38-1.noarch.rpm di terminal. Setelah selesai dengan proses konversi maka akan terbentuk file berekstensi deb dan selanjutnya anda dapat melanjutkan proses installasi seperti umumnya proses installasi pada file deb.

Setelah proses installasi selesai anda dapat menjalankan aplikasi dengan cara mengetikkan sqldeveloper di terminal. Selain itu dapat dilakukan dengan cara System=>Preferences=>Main Menu=>Programming=>SQL Developer=>Properties. Pada pilihan command ketikkan /opt/sqldeveloper/sqldeveloper.sh sehingga untuk menjalankannya cukup dari Applications=>Programming=>SQL Developer. Jalankan SQL Developer pada Connections klik kanan new Connections masukkan data” yang dibutuhkan lalu klik test jika berhasil klik save.

Jika anda akan mencoba melakukan koneksi data ke oracle melalui JAVA maka driver ojdbc14.jar dapat diambil dari lokasi berikut di komputer kita /usr/lib/oracle/xe/app/oracle/product/10.2.0/server/jdbc/lib/. Connection string untuk melakukan koneksi tersebut adalah sebagai berikut:

Database URL: jdbc:oracle:thin:@localhost:1521:XE

Driver : oracle.jdbc.OracleDriver.

Sekian dulu tulisan dari saya, mudah2an bisa bermanfaat jika ada kekurangan mohon dikoreksi demi kepentingan bersama.

— TERIMA KASIH —

Kata Kunci: install oracle, oracle in ubuntu, oracle linux, konfigurasi oracle, setting oracle




7 Responses

Page 1 of 1
  1. Nufaisa Pamikatsih
    Nufaisa Pamikatsih 17 July 2014 at 8:43 am |

    Permisi, untuk cara mengoperasikan sql server 2008 enterprise bagaimana ya? Terkhusus untuk fitur auditnya.

  2. fadil
    fadil 2 May 2010 at 2:46 pm |

    permisi mas. . . saya sudah coba instal sesuai dengan petunjuk dari tutorial yang di atas, tapi ketika saya mengakses http://localhost:8080/apex pesannya unable to connect. ketika saya coba lihat port yang terbuka dengan “netstat -a | grep 8080” nggak ada service yang listener di port itu mas. gimana tu ya ? mohon bantuannya . ..

  3. hendra
    hendra 17 March 2010 at 10:06 pm |

    salam kenal mas.
    boleh tanya tidak?
    kalau koneksi dari asp (classic atau bukan yang .net) ke oracle 10g gimana ya?

Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco