install svn server di ubuntu 9.10

Untuk install svn di ubuntu ada beberapa cara yang harus dilakukan, yaitu:

*)  Install Subversion
     Untuk menginstall subversian dapat dilakukan dengan mengetik perintah berikut di console sudo apt-get install subversion dan setelah itu untuk mengecek hasil installasi dapat dilakukan dengan mengetikkan perintah svn --version

*)  Install Apache
     Proses installasi Apache dapat dilakukan melalui perintah sudo apt-get install apache2

*)  Konfigurasi Apache dan SSL
     Untuk install server ssh dapat dilakukan dengan mengetikkan perintah sudo apt-get install openssh-server dan untuk mengaktifkan modul SSL dapat dilakukan dengan mengetikkan perintah sudo a2enmod ssl Kemudian aktifkan port https dengan perintah sudo gedit /etc/apache2/ports.conf sehingga hasilnya akan tampak seperti berikut

<IfModule mod_ssl.c>
     NameVirtualHost *:443
     Listen 443
</IfModule>


Langkah berikutnya adalah mengaktifkan site https dapat dilakukan dengan perintah sudo a2ensite default-ssl kemudian restart apache dengan perintah sudo /etc/init.d/apache2 restart. Jika konfigurasi berjalan lancar maka ketikkan https://localhost di dalam browser dan anda akan mendapatkan pesan berikut “It works!”.

*)  Konfigurasi Subversion dan Apache
     Langkah pertama untuk melakukannya yaitu dengan mengetikkan perintah sudo apt-get install libapache2-svn. Setelah itu kita dapat menambahkan project ke dalam repository svn kita dengan cara membuat folder repository (misalnya di /var/local/svn) dengan perintah sudo mkdir /var/local/svn. Langkah berikutnya adalah menambahkan repository dengan perintah-perintah berikut:
     $ sudo mkdir /var/local/svn/myproject
     $ sudo chown www-data:www-data /var/local/svn/myproject
     $ sudo -u www-data svnadmin create /var/local/svn/myproject

perintah diatas adalah untuk memastikan bahwa user www-data (user apache) mendapat akses penuh ke dalam repository yang telah kita buat untuk read dan update.

Langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi terhadap repository yang sudah kita buat di Apache dengan perintah sudo vi /etc/apache2/mods-available/dav_svn.conf sehingga akan dihasilkan seperti berikut:

<Location /svn/myproject>
     DAV svn
     SVNPath /var/local/svn/myproject
     AuthType Basic
     AuthName "My Project Subversion Repository"
     AuthUserFile /etc/subversion/myproject.passwd
     <LimitExcept GET PROPFIND OPTIONS REPORT>
          Require valid-user
     </LimitExcept>
</Location>

Setelah itu tambahkan user dan password untuk orang-orang yang dapat mengakses repository yang telah kita buat dengan perintah sudo htpasswd -c /etc/subversion/myproject.passwd hape. hape disini adalah user yang akan kita tambahkan ke dalam repository kemudian reload Apache dengan perintah sudo /etc/init.d/apache2 reload.

Untuk mengetest hasil konfigurasi yang telah kita lakukan dapat dilakukan dengan mengetikkan perintah http://localhost/svn/myproject/ atau https://localhost/svn/myproject/ di browser dan hasilnya akan didapat pesan berikut “myproject – Revision 0:“.

Untuk mendownload (checkout) repository dapat dilakukan dengan perintah svn co https://localhost/svn/myproject myproject --username hape. Sedangkan untuk menambahkan file atau direktori ke dalam repository kita dapat dilakukan dengan menggunakan perintah svn mkdir -m https://localhost/svn/myproject/trunk --username hape.

disadur dari
     http://en.newinstance.it/

Kata Kunci: subversion linux, ubuntu svn, install svn, setting subversion, konfigurasi svn ubuntu




2 Responses

Page 1 of 1

Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco