Install TOAD for Oracle di Ubuntu

Tulisan ini akan membahas mengenai installasi toad for oracle di ubuntu. Sebelum memulai pembahasan, diasumsikan bahwa oracle sudah terinstall di ubuntu anda (proses installasi oracle dapat dilihat disini) juga wine, lihat disini. Pada pembahasan ini digunakan ubuntu 10.10, oracle 10g dan wine 1.2.
Tool yang dibutuhkan:
     Toad for Oracle FREEWARE versi 10.6
     Oracle 10.2.0.1 client

Proses Installasi TOAD dilakukan seperti halnya kita melakukan install aplikasi di windows yaitu dengan cara double click di file ToadforOracle106SetupFreeware.exe untuk kemudian ikuti step-step yang diperintahkan (next, next dan next).

Untuk install oracle client, terlebih dahulu unzip file hasil download lalu akan terbentuk folder client kemudian double click pada file setup.exe. Pada proses installasi oracle client ini pilih pada bagian RUNTIME (213 MB). Setelah proses installasi selesai maka langkah selanjutnya adalah membuat service dilakukan dengan cara dari wine pilih Programs->Oracle-OraClient10g_home1->Configuration and Migration Tools -> Net Configuration Assistant. Setelah itu pilih di bagian Local Net Service Name Configuration (Next) -> Add (Next) kemudian Ketik Service Name yang akan digunakan (XE) kemudian tekan Next lalu akan muncul jendela untuk memilih protokol yang akan digunakan. Pilih protokol TCP kemudian tekan Next lalu akan di tampilkan jendela untuk memasukkan Host Name (isi ip dari komputer yg kita gunakan) beserta nomor port yang akan digunakan setelah itu tekan Next maka akan ditampilkan pilihan apakah akan melakukan test koneksi atau tidak (sebaiknya pilih lakukan test untuk lebih meyakinkan).

Setelah service selesai dibuat maka selanjutnya adalah melakukan koneksi ke database dari TOAD. Proses ini dilakukan dengan cara menjalankan TOAD kemudian klik Session->New Connection. Pada bagian ini akan ditampilkan jendela untuk memasukkan User/Schema dan password. Kemudian pada tab yang tersedia pilih bagian Direct lalu masukkan Host (ip pada saat membuat service), port(port pada saat membuat service) dan pada bagian radio button pilih Service Name kemudian masukkan nama service sesuai dengan yang kita input pada saat membuat service (XE). Pada bagian Connect as pilih normal lalu tekan connect

Kata Kunci: setting toad linux, install toad, konfigurasi toad ubuntu




Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco