Koneksi IDE Java dengan SQL Server 2005

Tulisan kali ini akan membahas koneksi ke database SQL Server 2005 dari IDE java. Hal ini dilakukan karena dari beberapa DBMS yg pernah saya coba, tapi belum sempat berhasil dengan menggunakan SQL Server. Selain itu tulisan ini dimaksudkan untuk ‘pertolongan pertama’ pada kondisi darurat dimana kita diharuskan melakukan koneksi ke SQL Server misalnya pada saat test/wawancara :hammer:.

Pada praktik kali ini saya menggunakan dua OS dengan menggunakan virtualbox 4.1.0 yang mana konfigurasinya sebagai berikut:
          Host
               OS: Ubuntu 10.10
               IP : 192.168.0.1
          Guest
               OS: Windows XP SP2 (SQL Server 2005 terinstall di dalamnya)
               IP : 192.168.0.100.

Sebelum memulai, terlebih dahulu SQL Server harus dikonfigurasikan yang terdapat 3 langkah untuk melakukannya. Dari Start Menu Pilih tempat SQL Server berada -> Configuration Tools -> SQL Server Configuration Manager kemudian:

  • Aktifkan SQL Server Browser dan SQL Server (SQLEXPRESS)
  • Pada node SQL Server 2005 Services dengan cara klik kanan lalu pilih start pada node tersebut.

  • Aktifkan Protocols for SQLEXPRESS
  • Aktifkan semua pilihan pada bagian Protocols for SQLEXPRESS yang ada di bawah node SQL Server 2005 Network Configuration. Selain itu lakukan klik kanan pada Protocols for SQLEXPRESS kemudian di tab IP Addresses pada bagian TCP Port di IPAll isi dengan 1433.

  • Aktifkan Client Protocols
  • Aktifkan semua pilihan pada bagian Client Protocols yang ada di bawah node SQL Native Client Configuration.

Untuk praktik kali ini saya akan mengkoneksikan SQL Server dengan menggunakan odbc, jTDS, sqljdbc sedangkan untuk IDE yang digunakan adalah Netbeans, eclipse, intelliJ IDEA. Nama database yang digunakan adalah test dengan username sa dan password *** (silahkan tentukan sendiri). Tak lupa dalam database tersebut hanya ada satu tabel yaitu mst_user dengan field id(int), username(varchar), keterangan(varchar).

Koneksi Menggunakan Netbeans dan jTDS
Pada praktik ini Netbeans terinstall di PC Host.
1. Untuk memulainya klik pada tab Services -> Databases lalu pada bagian Drivers lakukan klik kanan klik new Driver kemudian klik tombol Add dan pilih jTDS kemudian klik OK. Dari langkah ini akan terbentuk node baru pada Drivers sesuai dengan konfigurasi misalnya jTDS.
2. Klik kanan pada node yang terbentuk dari langkah 1 kemudian klik Connect Using maka akan ditampilkan form utk memasukkan parameter-parameter yg digunakan yaitu:

        Host : 192.168.0.100
        Port  : 1433
        Database : test
        User Name : sa
        Password : pwd_anda
        Additional Props: instance=SQLEXPRESS.

Ketika kita klik Show JDBC URL maka akan tampak seperti url berikut jdbc:jtds:sqlserver://192.168.0.100:1433/test;instance=SQLEXPRESS. Langkah berikutnya klik OK dan pada tab Advanced di bagian Select schema pilih dbo kemudian klik OK. Kini Netbeans telah terhubung dengan SQL Server.

Koneksi Menggunakan eclipse dan odbc
Pada step ini kegiatan praktik dilakukan sepenuhnya di PC Guest. Sebelum memulai terlebih dahulu lakukan konfigurasi odbc, dapat dilihat disini. Dari eclipse klik window -> show view -> Data Source Explorer. Klik kanan pada bagian Database Connections -> New -> SQL Server -> Next -> New Driver Definition. Pada tab Name/Type pilih Other Driver tahun 2005. Pada tab Jar List Add JAR/Zip lalu klik rt.jar (JAVA_HOME/jre/lib/). Pada tab Properties isikan data berikut:

         Connection URL : jdbc:odbc:sql-odbc-testdb
         Database Name : test
         Driver Class : sun.jdbc.odbc.JdbcOdbcDriver
         Password : pwd_anda	
         User ID : sa

Tekan OK lalu klik tombol Test Connection. Jika sudah berhasil klik tombol Finish. Dari langkah tersebut Pada Data Source Explorer di node Database Connections akan terbentuk node baru, yaitu New SQL Server. Untuk mengetest pada node tersebut klik kanan lalu klik Open SQL Scrapbook. Pada windows SQL Scrapbook di bagian:

        Type : SQL Server_2005 		  
        Name : New SQL_Server
        Database: test

Ketikkan perintah SQL berikut: SELECT * FROM mst_user; lalu klik kanan klik Execute All maka pada bagian Result akan ditampilkan hasil dari query tersebut.

Koneksi Menggunakan IntelliJ dan sqljdbc
Pada langkah ini IntelliJ terinstal di komputer PC-Host sedangkan SQL Server ada di PC-Guest. Untuk membuat data store harus terdapat sebuah project jika belum ada maka project baru harus dibuat dengan cara klik File -> New Project lalu pilih Create project from scratch kemudian pilih Java Module. Setelah terbentuk lalu dari menu Tools pilih Data Sources tekan tombol Add Data Source pilih DB Data Source. Pada JDBC Driver Files pilih sqljdbc4.jar dan pada Database URL isi dengan jdbc:sqlserver://192.168.0.100:1433;databaseName=test sedangkan kolom Username dan password diisi sesuai dengan yg telah didefinisikan lalu tekan tombol Test Connection. Jika telah terhubung pada tab Schemas & Tables pilih *.DBO tekan OK kemudian pada bagian Run Database Console ketikkan syntax SQL berikut: SELECT * FROM mst_user; lalu tekan tombol Execute maka akan ditampilkan isi data dari tabel mst_user.

Kata Kunci: koneksi sql server JAVA, SQL Server eclipse, Netbeans SQL Server, menghubungkan SQL Server di JAVA




Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco