installasi wine di ubuntu

Meskipun sudah bermigrasi ke linux, terkadang kita masih membutuhkan aplikasi-aplikasi yang berjalan di windows yang sayangnya aplikasi-aplikasi tersebut tidak tersedia di linux. Salah satu contohnya adalah toad seperti yang pernah saya lakukan melalui tulisan sebelumnya. Untuk keperluan itu maka anda dapat menggunakan wine. Wine adalah software yang dapat menjalankan aplikasi yang berjalan windows (berekstensi .exe) agar dapat berjalan di linux. Melalui tulisan ini saya akan mencoba mengulas tentang proses installasi wine di ubuntu.

Installasi wine
Untuk melakukan installasi wine, terlebih dahulu kita harus mencari versi terakhir yang sudah stabil. Untuk melakukan itu bisa dicari di link ini. Setelah didapatkan versi yang akan di install maka selanjutnya anda dapat menjalankan perintah berikut (pada saat tulisan ini dibuat versi terakhir yang stabil adalah wine versi 1.4):

sudo add-apt-repository ppa:ubuntu-wine/ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get install wineVersion

Uninstall aplikasi Windows
Proses install aplikasi windows dengan menggunakan wine pada dasarnya sama dengan cara install aplikasi di windows (double click, next, next dan next). Untuk itu pada pembahasan ini kita akan membahas proses uninstall aplikasi windows di wine. Jika kita melakukan uninstall aplikasi dari menu wine, biasanya aplikasi tersebut masih muncul di menu wine tersebut. Untuk itu kita bisa lakukan proses penghapusan secara manual dengan perintah berikut:

rm -f $HOME/.config/menus/applications-merged/file-dihapus
rm -rf $HOME/.local/share/applications/wine/file-dihapus
rm -f $HOME/.local/share/desktop-directories/file-dihapus
rm -f $HOME/.local/share/icons/file-dihapus.{xpm,png}
rm -f $HOME/.local/share/icons/file-dihapus.{xpm,png}
rm -rf $HOME/.wine/

Dari perintah diatas file-dihapus adalah nama file yang akan dihapus. Kita bisa melihatnya melalui perintah ls atau dapat melihat langsung ke direktori tempat file tersebut berada melalui ubuntu file manager.

Uninstall wine
Jika akan melakukan proses uninstall wine bisa dilakukan dengan perintah berikut:

sudo apt-get purge file-wine-dihapus && sudo apt-get autoremove

Dari perintah diatas file-wine-dihapus adalah nama file wine yang terinstall di ubuntu kita (saat installasi adalah wine1.4). Untuk menghapus menu wine yang masih tersisa dapat dilihat di System –> Preferences –> Main Menu kemudian hapus file-file yang tidak dibutuhkan.

Kata Kunci: install wine, wine in ubuntu, wine linux, cara install wine, how to install wine

Sumber:
http://wiki.winehq.org/




Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco