Pengalaman Gagal Transaksi ATM BRI Syariah

Sebelum saya memulai membahas pengalaman saya mengenai kegagalan transaksi ATM BRI Syariah, terlebih dahulu saya akan menjelaskan kenapa saya memilih BRI Syariah untuk menyimpan uang saya. Kelebihan yang saya rasakan dari Tabungan BRI Syariah adalah fasilitasnya, bisa dilihat disini. Lazimnya sebuah produk, dimana ada kelebihan pasti ada kekurangan. Kekurangan yang saya rasakan dari Tabungan BRI Syariah adalah:

  • Tidak tersedianya layanan internet banking (walaupun sudah bisa SMS banking tapi fasilitas ini belum cukup jika kita ingin membuka bisnis online).
  • Terkadang layanannya tiba-tiba offline.
  • Bagi hasil yang kecil, menurut saya, tapi saya tidak mengejar point ini karena niat awalnya memang menabung dan saya lebih tertarik dengan fasilitas yang disediakan.

Berkaitan dengan judul diatas, saya akan membahas pada point kedua yaitu layanan yang tiba-tiba offline. Pengalaman ini pernah saya rasakan sewaktu akan melakukan transfer ke rekening BRI melalui ATM BRI Syariah. Ketika sedang asyik bertransaksi melalui ATM tersebut, tiba-tiba saja kartu ATM keluar dan di layar terdapat tulisan “maaf jaringan terputus“. Lalu ketika dicoba di ATM lain ternyata tetap tidak bisa melakukan transaksi transfer tersebut. Karena pernah ngalamin kejadian serupa, akhirnya saya langsung cek saldo melalui SMS banking. Ternyata sial bagi saya cek saldo melalui SMS banking pun tidak bisa dilakukan. Akhirnya setelah sekitar 1/2 jam saya coba cek saldo kembali ternyata saldo saya telah terpotong sebesar dana yang akan saya transfer tersebut.

Karena ‘sudah berpengalaman‘ saya tidak langsung panik. Setelah ditunggu sekitar 2 jam akhirnya saldo yang terpotong tersebut kembali lagi. Pengalaman sebelumnya dimana ketika saya akan mengambil uang di ATM ternyata transaksi gagal dan uang tidak keluar. Pada saati itu saya tidak ber-inisiatif untuk melakukan¬† cek saldo. Begitu malamnya (saat ngambil uang kejadiaannya siang) saya coba cek mutasi rekening melalui SMS banking alangkah kagetnya saya karena ternyata transaksi yang gagal tersebut ikut ter-debet. Langkah berikutnya segera saya hubungi call-center untuk memberitahukan permasalahan saya dan Alhamdulillah setelah menunggu sekitar 3 minggu akhirnya uang tersebut dikembalikan ke rekening saya dan pada saat pengembalian CS-nya menginformasikannya kepada saya melalui telepon.

Melalui tulisan ini saya akan berbagi tips kepada sesama nasabah BRI Syariah yang mudah-mudahan sharing pengalaman ini bisa membantu.

  1. Aktifkan SMS banking anda. Pengaktifan ini bisa dilakukan saat pertama membuka Rekening BRI Syariah atau jika belum segera lakukan pendaftaran di BRI Syariah Terdekat.
  2. Jika mengalami kegagalan transaksi segera lakukan cek saldo melalui SMS banking apakah saldo anda ikut terpotong atau tidak.
  3. Jika setelah transaksi saldo anda ikut terpotong (pada langkah 2), jangan panik, tunggu hingga 2 jam (tergantung kesabaran anda) apakah saldo yang terpotong sudah dikembalikan atau belum.
  4. Jika sampai batas kesabaran ternyata dana belum dikembalikan (langkah 3) segera hubungi customer service untuk membuat pengaduan. Pada saat membuat pengaduan, catat nomor pengaduan yang diberikan oleh CS-nya.
  5. Jika sampai hari yang telah dijanjikan dana belum juga dikembalikan hubungi kembali CS-nya dan ingat kembali nomor pengaduan yang telah diberikan pada pengaduan sebelumnya.

Demikian sharing pengalaman ini mudah-mudahan bisa membantu atau mungkin ada yang mau menambahkan atau berbagi pengalaman yang sama silahkan di bagian komentar. Terima Kasih.

Kata Kunci: gagal transaksi atm, saldo terdebet, layanan offline, mutasi rekening, cek saldo




30 Responses

Page 1 of 1
  1. nisa
    nisa 1 March 2017 at 7:09 pm |

    lama banget prosesnya uang saya terdebet 1jt sudah 2 bulan belum balik ke rekening. Pas saya tanya ke cs nya kapan balik lagi ke rekening, atau saya ke banknya lagi buat cek itu uang yang terdebet. Cs nya malah bilang, mending ibu ga usah repot bolak balik ke bank, entar kita telfon kalo uangnya sudah balik ke rekening. udah gitu aja, sampai sekarang masih belum balik. Kecewa banget…

  2. farhan chaidir rahman
    farhan chaidir rahman 22 October 2016 at 10:17 pm |

    Assalamualaikum.
    Mau tanya barang kali admin tau jawaban/sebabnya.
    cek rekening BRI Syariah di atm BRI, sudah masuk dan sedang proses muncul nya saldo, disana tulisannya TRANSAKSI GAGAL HUBUNGAN TERPUTUS.
    Lalu saya coba lagi di atm sebelah yg kebetulan teman saya baru saja transaksi rekening BRI nya dan berhasil, saya coba lagi di atm bekas temen saya, dan sama gak bisa juga.
    Itu kenapa ya ? Apa kartu atm saya yg bermasalah,
    Terimakasih.

  3. sri Banu
    sri Banu 12 September 2016 at 10:03 am |

    Kalo kartu atm bri saya lebih dri 1th ga d gunakan apa masih bisa d gunakan ?

  4. rivani
    rivani 6 February 2016 at 4:43 pm |

    Pa punya saya bri syariah transfer ke bri melalui atm bni. Transaksi berhasil saldo berkurang, tapi ketujuan belum sampai. Langkah apa yg harus sy lakukan.

  5. andi emmy amalia
    andi emmy amalia 31 October 2015 at 7:09 am |

    Saya juga pernah melakukan penarikan di atm bri sebesar 500rb yang pertama gagal. Awalx sih saya kira mungkin karena jaringan,lalu saya coba lagi ternyata transaksi kedua pun gagal.. saya cek saldo,ehh saldox malah kepotong sebanyak 500rb 2X jadi semuax 1juta rupiah. Saya adukan ke kantor bris terdekat katanya disuruh nunggu. Ini kejadianx dari bln 7 2015 trus ampe skrg blm kembali-kembali juga danax.. aduh gmana nih min,udah nunggu 3 bln koq prosesx lama skali. Katax nunggu tlp dari kantor cabang buat surat pengajuan klaim utuk dibikinin surat izin untuk bisa liat cctv dari lokasi kejadian,yah klo udah lewat 3 bln gini takutx cctv nya udah gak ada.. klo dibilang kecewa sih iya banget, org uang sendiri koq yg mau diambil koq ribet banget gitu.. hmmmmmmm tolong solusix.thnks

  6. mita huljannah
    mita huljannah 14 August 2015 at 8:07 pm |

    saya transaksi gagal . trus uang nya terdebet.
    sampe sekarang uang blom d kmbalikan juga min .
    saya udh tlvn call center nya . kata nya suruh tunggu tpi ini udah hri ke 42 . tpi uang juga gk kmbali .
    itu gmna ya min ?

  7. lailatulfithri
    lailatulfithri 1 March 2015 at 3:48 pm |

    thanks min infonya. saya lagi pengen buka atm BRIS nih min tapi sya ragu. klo untuk setoran tunai kira2 bisa dilakukan di cabang BRI konvensional gak min?? soalnya keberadaan cabang bank BRIS Kan gak sebanyak BRI konvensional
    lalu misal saya asli gresik tapi lagi kul di sby. kira2 syarat buka rekeningnya apa aja ya min? mohon infonya. trims

  8. dhiann
    dhiann 1 March 2015 at 12:02 am |

    Min pnya q kok g bsa transaksi yaa , dah dcoba d bri g bsa, datm laen jg g bsa nyampe ada 10an x kya nya, tulisannya “maaf atm anda tdk bsa mlakukan transaksi” tu gmna yaa, pdhal msih ada saldonya kok, bru hri ini c,
    Itu keblokir apa cuma gangguan aja yaa, .?

  9. heri susanto
    heri susanto 19 November 2014 at 7:09 pm |

    kalau saya juga sama waktu penarikan menggunakan atm sering gagal….. terakhir pada tanggal 17 oktober penarikan gagal tp saldo terdebet sudah buat pengaduan tetapi di janjikan 14 hari kerja tetapi pada saat saya hubungi call center malah di janjikan 20 hari kerja setelah saya tunggu 20 hari kerja saya hubungi lagi call center eh…. malah di janjikan 20 hari kerja lagi saya kecewa dengan pelayanan bri syariah….. kalau uang saya kembaki akan saya tutup saja rekening saya di bri syariah saya sudah cukup bersabar…….

  10. ria
    ria 30 October 2014 at 6:44 am |

    Lama lama ko jd gak nyaman gini ya.. saya sering klo gagagl trf .. saldo tetap kepotong.. dan pengembaliannya itu bnr” lama.. padahal kita butuh uangnya cepet.. tolong di pecahkan madalahnya. Karna saua trlalu sering mngalami itu. Thanks

  11. arisandy
    arisandy 13 July 2014 at 6:23 pm |

    Saya pengguna BRI syariah.. waktu saya mau transfer ke bank lain lewat ATM tiba2 pihak yg saya tf bilang kalau tidak ada uang masuk bahkan sudah 24jam.. kalo bgtu gmn solusi nya ya?

  12. Widya
    Widya 27 March 2014 at 9:33 pm |

    Terimakasih informasinya, sangat bermanfaat.

  13. Indra Rasyid
    Indra Rasyid 21 January 2014 at 5:59 pm |

    tanggal 31 Desember 2013 sekitar jam 10.00-11.00 wib saya melakukan penarikan uang di mesin ATM BRI yang ada di kantor cabang Cibadak – Sukabumi, setelah saya coba 2 kali melakukan penarikan dengan jumlah masing-masing sebjumlah 500.000 pada mesin yang berbeda transaksi keduanya gagal. akan tetapi ketika saya cek pada layanan sms banking maupun saya print out di kantor BRI unit pembantu Cidahu juga dana saya berkurang 2 x 500.000, padahal pada saat penarikan ATM tanggal 31 Desember 2013 tersebut sudah jelas gagal dan saya sama sekali tidak berhasil transaksi (dapat dibuktikan dengan rekaman CCTV yang ada di mesin ATM tersebut.
    Mohon penjelasannya agar saya merasa aman menggunakan layanan kartu ATM BRI.
    Terimakasih

  14. azwarz
    azwarz 29 September 2013 at 11:35 am |

    Wah case nya sama kayak adek ane nie bang, kebetulan dia skrg d luar pulau ambil duit dr atm bri h tiba tiba putus.kartunya bei syariah.cek saldo trakir kepotong.kejadian 3jam yg lalu,habis ini baru mau d cek udah d refund belum sama bris.maklum cek nya di atm karna e banking belum d aktifkan.tks bang atas sharing nya

  15. miftah
    miftah 4 September 2013 at 12:38 am |

    menurut informasi saat ini BRI Syariah sudah ada fasilitas e banking nya? Btul?

  16. Alvin
    Alvin 14 February 2013 at 6:46 am |

    saya juga nabung di BRI Sayriah hampir sekitar 4 tahun. motifnya hampir sama, yaitu karena tertarik sama fasilitas yang di berikan. dan saya melihat kekurangan nya pun dari sisi yang sama, tidak ada internet banking yang justru lebih memudahkan dalam segala hal yang berkaitan dengan bisnis.

    okee, informasi dan tips anda sangat berguna sekali….
    terima kasih banyak…
    gracias…. obrigado… ^_^

Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco