Gagal Login Dashboard WordPress

Kejadian ini saya alami pada saat akan update posting di blog saya. Tiba-tiba saja saya tidak bisa masuk ke dalam dashboard di wordpress saya padahal username & passwordnya sudah benar. Karena keinginan untuk update posting begitu kuat akhirnya saya coba googling dengan kata kunci ‘wp-admin gagal login‘ lalu saya diarahkan ke link www.neohoster.com. Namun penjelasan dari link tersebut ternyata belum menyelesaikan permasalahan walaupun memang ada hubungan pada proses pencarian berikutnya.

Setelah saya googling kembali dengan kata kunci ‘wp-admin 404 error pages‘ didapatkan penjelasan bahwa error ini bisa disebabkan karena file htaccess yang bermasalah. Dan setelah saya rename file htaccess ternyata saya sudah bisa login ke dashboard blog saya. Untuk kepentingan dokumentasi maka saya akan menjelaskan langkah-langkah apabila terjadi error ‘wp-admin htaccess‘. Pada kegiatan ngoprek kali ini anda harus masuk ke dalam cpanel dari blog anda. Setelah bisa masuk ke dalam cpanel maka langkah-langkah berikutnya adalah:

1. Cek File function.php
File function.php ini letaknya ada di dalam direktori dari themes blog yang kita gunakan. Pada file ini cek dibagian paling bawah scriptnya kemudian hapus jika ada ENTER atau SPASInya, lalu kemudian save. Setelah disimpan kemudian login ke dashboard blog anda jika gagal lanjutkan ke langkah 2.

2. Cek File wp-config.php
File wp-config.php berada langsung di folder public_html. Untuk proses pengecekannya dilakukan dengan cara yang sama seperti pada langkah 1 yaitu dengan mengecek bagian akhir script. Cara yang dilakukan adalah dengan menghapus jika ada ENTER atau SPASI pada akhir script kemudian save dan coba login kembali. Jika pada step ini masih gagal lanjutkan ke langkah 3.

3. Pluggin Corrupted
Untuk kasus ini biasanya karena baru install pluggin baru atau pluggin corrupted. Tetapi pada kasus yang saya alami adalah saat update pluggin (WP htaccess Control) dia mengutak-atik setting file htaccess dan inilah ternyata yang jadi biang-kerok. Jika pada step ini yang anda alami maka anda dapat uninstall pluginnya melalui permission, diubah ke 0000 (Untuk cara ini saya belum mempraktikannya). Selain dengan mengubah permission filenya anda dapat menonaktifkan pluggin melalui database dengan perintah berikut:

UPDATE wp_options SET option_value = '' WHERE option_name = 'active_plugins';

Sebelum melakukan perintah diatas hendaknya lakukan backUp terlebih dahulu. Untuk proses update melalui database anda bisa membaca panduannya disini. Setelah pluggin dinonaktifkan coba login kembali ke dashboard jika masih belum bisa lanjutkan ke langkah 4.

4. Cek File htaccess
Seperti yang telah dijelaskan pada langkah 3 karena saya update pluggin dan karena pluggin tersebut terlalu kreatif akhirnya pluggin tersebut mengubah setting file htaccess saya. Percobaan pertama yang saya lakukan adalah dengan me-rename file htaccess saya (jangan khawatir wordpress akan membuatkan file htaccess default tanpa merubah isi dari htaccess yang sudah kita rename). Ajaib ternyata saya bisa kembali login ke dashboard blog saya. Dan setelah dilakukan pengecekan ternyata ada setting tambahan pada htaccess lama saya tetapi ada keterangan yang menyatakan kurang lebih seperti ini “WPhtc: Begin Login Control (start deleting here if you’re having trouble logging in)“. Setelah bagian ini saya hapus akhirnya saya bisa login kembali ke dashboard blog saya. Demikian sharing saya kali ini, mudah-mudahan dapat membantu.




Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco