Membuat Breadcrumb di BLOG WordPress

Breadcrumbs atau breadcrumb trail merupakan navigasi yang dapat membantu memudahkan pengunjung web/blog melacak lokasi dokumen dalam suatu web/blog. Dengan memasang breadcrumb pada web/blog (menurut para ahli SEO) maka konten/postingan blog akan lebih cepat terindex oleh search engine dan tampilan di search engine pun akan terlihat berbeda. Untuk praktek kali ini saya akan menerapkannya pada blog wordpress dan untuk lokasi kejadian bisa dilihat di toko online saya berjubelShop atau dari google gunakan kata kunci site: berjubelshop.com.

Pada tulisan kali ini saya akan membahas pembuatan breadcrumb dengan menggunakan pluggin yaitu RDFa Breadcrumb. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Install pluggin RDFa Breadcrumb
Proses installasi dapat dilakukan seperti pada halnya saat menginstall pluggin biasa. Untuk cara install bisa dilihat install RDFa Breadcrumb. Pada praktik yang akan dilakukan konfigrasi installasi akan menggunakan konfigurasi default sehingga pada tahap ini kita tidak perlu merubah setting apapun. Pada tahap ini breadcrumb belum tampil sehingga untuk menampilkannya dapat dilihat pada langkah berikutnya.

2. Menambahkan Breadcrumb di Halaman Posting
Tambahkan baris berikut pada file single.php dari Dashboard Blog kita yaitu Appearence >> Editor lalu cari file single.php.


< ?php if ( function_exists( 'rdfa_breadcrumb' ) ) { rdfa_breadcrumb();  } ?>

di bawah kode


< ?php get_header(); ?>

sehingga hasil akhirnya akan menjadi seperti berikut:


< ?php get_header(); ?>
< ?php if ( function_exists( 'rdfa_breadcrumb' ) ) { rdfa_breadcrumb();  } ?>

3. Menambahkan Breadcrumb di Halaman Pages
Pada tahap ini proses yang dilakukan sama seperti pada langkah nomor 2 hanya saja file yang akan kita ubah adalah file page.php.

Demikian tutorial ini saya buat semoga dapat bermanfaat. Terima Kasih.




Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco