Oracle Error Listener Setelah Menggganti Hostname

Kejadian ini saya alami pada saat di kantor saya memberlakukan aturan agar mengganti nama komputer dengan format yang telah ditentukan. Masalah muncul ketika nama komputer sudah diganti dan saya akan melakukan koneksi ke database oracle melalui TOAD dan ternyata timbul error tnsnames/listener connection refused. Pada saat awal-awal saya belum terlalu perduli dengan error ini karena kebetulan saya akan mengganti laptop dan saat itu kegiatan mengganti nama komputer belum terlalu urgent sehingga permasalahan ini dapat diatasi dengan install ulang oracle atau mengubah nama komputer ke nama sebelumnya.

Setelah beberapa saat kemudian “musibah” itu benar-benar terjadi dimana kita harus mengubah nama komputer (hostname) sesuai dengan yang telah ditentukan. Dan akhirnya, peraturan tersebut sukses membuat saya tidak bisa login ke oracle yang ada di laptop saya. Karena database tersebut merupakan database untuk project yang sedang saya tangani akhirnya memaksa saya harus googling kesana-kemari untuk mengatasi permasalahan tersebut. Masalah yang saya hadapi akhirnya dapat terselesaikan dengan langkah-langkah berikut:

1. Mengganti Parameter pada file listener.ora
File ini lokasinya berada pada [ORACLE_HOME]\app\oracle\product\10.2.0\server\NETWORK\ADMIN\ dimana 10.2.0 merupakan versi oracle yang digunakan. Adapun parameter yang harus diganti adalah sebagai berikut:

LISTENER =
  (DESCRIPTION_LIST =
    (DESCRIPTION =
      (ADDRESS = (PROTOCOL = IPC)(KEY = EXTPROC_FOR_XE))
      (ADDRESS = (PROTOCOL = TCP)(HOST = DIGANTI_DENGAN_HOSTNAME_BARU)(PORT = 1521))
    )
  )

2. Mengganti Parameter pada file tnsnames.ora
File ini lokasinya juga berada sama dengan file listener.ora dan cara penanganannya sama pada langkah 1 diatas. Adapun yang harus diubah pada file ini adalah:

XE =
  (DESCRIPTION =
    (ADDRESS = (PROTOCOL = TCP)(HOST = DIGANTI_DENGAN_HOSTNAME_BARU)(PORT = 1521))
    (CONNECT_DATA =
      (SERVER = DEDICATED)
      (SERVICE_NAME = XE)
    )
  )

Demikian tulisan ini saya buat semoga bisa membantu meringankan penderitaan anda. Dari hasil googling yang saya dapat, hostname bisa diganti dengan localhost atau 127.0.0.1 tetapi saat saya mencoba hal ini tidak bisa dilakukan sehingga akhirnya hostname diganti dengan nama komputer saya.




Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco