Restore Domain Pada Oracle Weblogic

Pada kegiatan ngoprek kali ini saya akan melakukan proses restore domain yang telah dibuat di oracle weblogic. Tulisan ini saya buat sebagai catatan atas pengalaman pribadi ketika mendevelop aplikasi dengan weblogic sebagai application servernya. Dapat dibayangkan jika dalam domain yang sudah kita install ternyata banyak setting untuk JMS Server, JNDI, WorkManager dan lain-lain akan sangat merepotkan ketika kita harus mengkonfigurasi ulang settingan tersebut. Hal ini bisa terjadi ketika misal kita harus mengganti laptop (masa development) yang bermasalah atau karena alasan lainnya. Untuk itu ada baiknya kegiatan yang pernah saya lakukan tersebut dicatat secara online agar bisa buat contekan ketika saya membutuhkannya.

Pada tulisan saya sebelumnya yaitu Membuat Domain di Oracle Weblogic disebutkan bahwa lokasi domain berada di /opt/oracle/WL_DOMAIN dan untuk kegiatan kali ini maka saya akan pindahkan lokasi domain tersebut pada direktori /opt/base_domain dan ganti pemiliknya menjadi oracle : oracle seperti yang telah dijelaskan pada tulisan saya sebelumnya yaitu Installasi Oracle Weblogic di Ubuntu. Setelah persiapan selesai maka kita akan segera ke menu utama yaitu restore domain.

Untuk merestore(unpack) domain bisa dilakukan dengan cara seperti pada saat pertama kali membuat domain. Hal yang harus dilakukan pada cara ini adalah kita harus terlebih dahulu membuat template domain. Setelah kita selesai membuat template domain maka selanjutnya adalah sama seperti pada waktu membuat domain baru hanya saja ada sedikit perbedaan yaitu pada saat langkah Pilih Source Domain kita hendaknya memilih pilihan Base this domain on an existing template lalu dipilih file jar yang sudah kita buat pada langkah sebelumnya. Kita tinggal mengikuti langkah selanjutnya maka akan dihasilkan domain yang sama dengan template yang sudah kita buat.

Jika ternyata domain yang akan kita restore berasal dari OS yang berbeda maka trik yang bisa dilakukan adalah:

  • Membuat domain baru yang sama persis dengan domain template yang akan kita clone kemudian rename direktori yang telah terbentuk
  • Membuat domain baru dengan cara merestore (unpack) dengan nama persis seperti yang dilakukan pada langkah (1)
  • Copy semua file *.cmd atau *.sh yang ada pada langkah (1) ke dalam direktori yang terbentuk pada langkah (2) diatas

Ada kasus tertentu yang saya alami sendiri dimana domain yang sudah ada sourcenya di copy ke dalam PC/laptop kita sehingga kita harus mengadakan sedikit penyesuaian dari domain tersebut agar bisa berjalan di laptop kita. Hanya saja sedikit catatan pada kasus saya tersebut yaitu source dan sistem yang akan digunakan harus berasal dari versi weblogic dan OS yang digunakan pun harus sama. Jika OS berbeda bisa saja dilakukan hanya saja mungkin akan banyak perubahan yang harus dilakukan. Adapun perubahan-perubahan yang harus dilakukan jika OS dan versi weblogic sama yaitu:

1. Cek DOMAIN_HOME pada file startWeblogic.sh di Direktori Domain Home
Setelah source domain di copy ke sistem kita maka langkah selanjutnya adalah cek parameter DOMAIN_HOME pada direktori domain yang sudah kita buat (pada tulisan ini ada di direktori /opt/base_domain/base_domain). Pastikan bahwa isi parameter telah sesuai dengan lokasi dari file startWeblogic.sh berada. Jika ternyata tidak sesuai maka ubah parameter menjadi seperti berikut.

# konfigurasi awal
#DOMAIN_HOME="/opt/oracle/WL_DOMAIN/WL_DOMAIN"

# menjadi seperti berikut
DOMAIN_HOME="/opt/base_domain/base_domain"

Sebagai tambahan file startWeblogic.sh apabila di windows menjadi startWeblogic.cmd

2. Cek DOMAIN_HOME pada file startWeblogic.sh di Direktori Domain Home/bin
Pada langkah ini sama saja dengan langkah (1) diatas hanya saja file yang akan dicek atau diubah berada pada lokasi /opt/base_domain/base_domain/bin. Jika ternyata tidak sesuai maka ubah parameter menjadi seperti yang dapat dilihat pada source code dibawah.

# Call setDomainEnv here.
# konfigurasi awal
#DOMAIN_HOME="/opt/oracle/WL_DOMAIN/WL_DOMAIN"

# menjadi seperti berikut
DOMAIN_HOME="/opt/base_domain/base_domain"

Setelah langkah ini selesai maka jalankan weblogic seperti biasanya dan akses melalui browser dengan url berikut http://localhost:7001/console/. Demikian kegiatan ngoprek kali ini saya persembahkan semoga dapat membantu.




Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco