Encrypt Teks Menggunakan Oracle Weblogic Server

Pada tulisan kali ini saya akan mencoba untuk mengupas tentang cara untuk enkripsi teks/password dengan memanfaatkan tool pada oracle weblogic server. Kegiatan ini diperlukan karena terkadang kita dihadapkan pada kondisi untuk menyimpan username dan password dalam suatu file teks yang tentunya kita tidak boleh menyimpannya dalam keadaan telanjang (tidak ter-enkripsi). Pada kasus ini tentunya enkripsi hanya bisa dilakukan untuk versi weblogic yang sama dan dilakukan pada mesin yang sama yang akan memanfaatkan file teks tersebut.

Pada kegiatan kali ini proses enkripsi akan dilakukan untuk dua Operating Sistem (OS) yaitu Windows dan Linux. Adapun cara untuk melakukan proses tersebut bisa dilakukan dengan tahapan-tahapan berikut:

1. Enkripsi Pada Lingkungan Windows
Untuk tahap awal, dari command line arahkan direktori yang aktif ke lokasi %WL_DOMAIN%\bin, dimana %WL_DOMAIN% adalah direktori tempat kita menginstall DOMAIN yang telah kita buat. Proses lengkapnya bisa dilihat pada source code dibawah.

cd %WL_DOMAIN%\bin
setDomainEnv.cmd
java weblogic.security.Encrypt

Setelah langkah-langkah diatas dilakukan maka akan ditampilkan prompt password: dan anda tinggal mengisinya setelah ditekan tombol enter maka akan diperoleh hasil encryptnya misalnya {3DES}KEtKcW0ryXYJQ+FNYBWpTg==.

2. Enkripsi Pada Lingkungan Linux
Enkripsi pada lingkungan linux pada prinsipnya sama dengan yang dilakukan pada lingkungan windows dimana langkah-langkah untuk melakukan enkripsinya bisa dilihat pada kode dibawah.

cd %WL_DOMAIN%/bin

# untuk linux keluarga Redhat dan turunannya
./setDomainEnv.sh

# untuk linux keluarga Debian dan turunannya (termasuk ubuntu)
source setDomainEnv.sh

java weblogic.security.Encrypt

Demikian kegiatan ngoprek ala HaPe kali ini saya akhiri. Semoga bisa membantu.




Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco