Membuat Managed Server Pada Oracle Weblogic

Setelah kita selesai membuat domain pada weblogic maka langkah selanjutnya adalah membuat managed server pada oracle weblogic. Langkah ini dilakukan untuk membagi tugas antara admin server dengan managed server seperti yang telah dijelaskan pada tulisan saya sebelumnya. Pada kegiatan ngoprek yang akan saya lakukan, langkah untuk membuat managed server terdiri dari beberapa langkah berikut:

1. Konfigurasi Managed Server
Pada langkah pertama kita harus terlebih dahulu menyalakan Weblogic Server lalu login ke AdminServer (untuk cara melakukannya bisa dilihat pada link diatas). Setelah kita berhasil login ke Admin Console lalu pada bagian Environment => Servers buat server baru seperti dapat dilihat pada gambar berikut.

membuat weblogic managed server
create weblogic managed server

mengisi parameter weblogic managed server
parameter managed server

hasil akhir pembuatan weblogic managed server
summary pembuatan managed server

2. Menjalankan Oracle Weblogic Managed Server
Setelah Managed Server berhasil dikonfigurasi kini tibalah saatnya untuk menjalankan Managed Server yang sudah kita buat dengan perintah berikut.

# WL_DOMAIN adalah direktori tempat Domain diinstall
cd %WL_DOMAIN%\bin

./startManagedWebLogic.sh HaPeManagedServer http://localhost:7001

Pada saat pertama script dijalankan maka pada console akan tampil prompt untuk memasukkan username dan password. Jika sudah berjalan maka pada bagian admin server akan tampil status seperti yang terlihat pada gambar berikut.

status weblogic managed server sudah running
weblogic managed server running

3. Menghilangkan prompt username dan password (optional)
Pada langkah 2 diatas kita akan diminta untuk memasukkan username dan password tentunya hal ini sangat annoying bgt sehingga pada langkah ketiga ini kita akan menghilangkan prompting username dan password. Pada langkah awal kita harus membuat direktori dengan nama security di %WL_DOMAIN%\servers\nama-managed-server\ dimana dalam kasus ini nama-managed-server adalah HaPeManagedServer. Dari direktori tersebut kita buat file boot.properties. Pada kegiatan ini username dan password saya adalah weblogic. Dengan melalui tools weblogic encrypted akan didapat hasil berikut {3DES}kKxZiupMBjfKArf5CuznEA==. Maka isi dari file boot.properties itu akan berisi dengan data dibawah.

username={3DES}kKxZiupMBjfKArf5CuznEA==
password={3DES}kKxZiupMBjfKArf5CuznEA==

Sampai disini dahulu kegiatan ngoprek ini saya persembahkan. Semoga dapat bermanfaat.




Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco