Install Plugin Maven di Eclipse

Pada kegiatan ngoprek kali ini saya akan membahas mengenai installasi plugin maven di eclipse juno. Bahasan kali ini selain install plugin juga akan diberikan sekilas cara membuat project sederhana dengan menggunakan maven di eclipse. Hal yang harus disiapkan dalam kegiatan kali ini adalah java dan juga eclipse juno yang sudah terinstall di dalam sistem anda dan koneksi internet karena untuk proses install dan download library yang dibutuhkan untuk pertama kali kita akan mengambil sourcenya dari internet.

Kegiatan ngoprek kali ini akan dibagi menjadi beberapa tahap yaitu:
1. Installasi Plugin Maven di Eclipse
Pada tahap pertama untuk proses installasi kita aktifkan terlebih dahulu eclipse juno lalu dari menu Help => Install New Software akan ditampilkan jendela seperti pada gambar berikut.
eclipse install new software

Dari gambar ketika kita klik tombol Add makan akan ditampilkan popup dimana kita harus mengisi fieldnya. Pada kegiatan ini isiannya adalah:

Name: maven (terserah anda)
Location: http://download.eclipse.org/technology/m2e/releases (silahkan cek di eclipse.org

Setelah field diisi selanjutnya anda tinggal tekan tombol next lalu akan ditampilkan pilihan fitur-fitur yang akan diinstall seperti bisa dilihat pada gambar berikut.

fitur eclipse maven plugin

Selanjutnya tekan tombol next dan ikuti perintah-perintahnya. Setelah selesai biasanya akan diminta untuk restart eclipse.

2. Membuat Project Sederhana Menggunakan Maven di Eclipse
Setelah installasi plugin selesai dijalankan maka tentunya kita ingin mencoba apakah maven yang kita install sudah berjalan dengan benar atau belum. Untuk itu pada bagian ini kita akan mencoba membuat project sederhana dengan menggunakan maven dimana langkah-langkahnya adalah
File => New => Project => Maven => Maven Project
Setelah itu maka akan ditampilkan jendela untuk memilih artifact yang akan kita gunakan (bisa dilihat pada gambar berikut).

artifact maven eclipse project

Setelah kita tekan tombol next maka kita akan ditampilkan jendela seperti pada gambar dibawah dan kita harus mengisi field-field dari parameter artifact yang akan digunakan.

parameter artifact maven eclipse project

Jika kita tekan tombol next makan akan terbentuk project baru. Untuk memulai menggunakan library yang diambil oleh maven maka pada project yang telah dibuat pada file App.java ubah menjadi seperti berikut.

package id.web.herpur;

import org.jasypt.util.text.BasicTextEncryptor;

/**
 * Hello world!
 *
 */
public class App{
	 static BasicTextEncryptor textEncryptor = new BasicTextEncryptor();

	 public static void main(String[] args) {
		 System.out.println("Hello World");
		 textEncryptor.setPassword("123");
		 System.out.println(textEncryptor.encrypt("Hello World"));
	 }
	 
}

Maka jika anda tambahkan source code diatas maka kini project akan menjadi error (jangan khawatir ikuti saja). Error terjadi karena library yang dibutuhkan belum ada di dalam project, untuk menambahkannya pada file pom.xml tambahkan di bagian dependencies menjadi seperti berikut.

<dependencies>
    <dependency>
       <groupId>org.jasypt</groupId>
       <artifactId>jasypt</artifactId>
       <version>1.9.0</version>
     </dependency>
</dependencies>

3. Menambahkan Build Custom
Setelah project selesai dibuat, jika kita klik kanan dari root project tersebut lalu klik Run As maka disitu akan ditampilkan pilihan build yang sudah disediakan. Pada kali ini kita akan melakukan custom pada link-build dengan cara dari root project klik kanan pilih Run As kemudian pilih Run Configurations. Pada bagian Maven Build klik kanan kemudian klik New lalu kita akan diminta untuk mengisi field-fieldnya seperti yang dapat dilihat pada gambar berikut.

custom maven build

Dari gambar diatas Goals merupakan pilihan yang akan kita gunakan terdiri dari beberapa pilihan diantaranya yaitu: test, install, post-clean, compile dan lain-lain. Untuk mendapatkan list goals secara lengkap dari build-install yang sudah kita buat pada field Goals kita kosongkan lalu tekan run dan cek di bagian Console maka akan terdapat list Goals yang didukung.

Untuk menjalankan project mula-mula dari Run As kita pilih Maven Clean. Setelah kita lakukan clean berikutnya jalankan mvn-install yang pernah kita buat. Jika library yang kita butuhkan belum ada di repository lokal maka akan terjadi error untuk itu pada checkbox offline kita un-centang dahulu lalu klik tombol run kembali maka maven akan mencari library yang dibutuhkan melalui internet. Setelah proses ini selesai maka jalakan project sebagai Java Application dan rasakan bedanya.




Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco