Membuat Template Domain Weblogic

Pada kegiatan kali ini saya akan mencoba untuk mengupas kegiatan untuk membuat template domain pada oracle weblogic. Bahasan ini saya buat agar kita tidak perlu mengulang perbuatan yang sangat membosankan (setting jms, managed server, jdbc dan lain-lain) disaat kita akan mencoba meng-clone domain ke komputer lain. Langkah-langkah yang akan dilakukan pada kegiatan kali ini terdiri dari kegiatan-kegiatan berikut.

Dari terminal arahkan ke direktori %WL_HOME%\common\bin\config_builder.sh dan setelah itu akan muncul jendela berikut.
create template weblogic
Pada jendela ini kita pilih Create a Domain Template kemudian klik tombol next dan akan ditampilkan jendela berikutnya.

select template domain
Pada jendela ini kita akan ditampilkan jendela untuk memilih domain mana yang akan kita jadikan sebagai template. Setelah domain yang akan dibuat template kita pilih selanjutnya kita tekan tombol next dan akan ditampilkan jendela berikutnya.

describe template domain
Pada jendela ini kita diharuskan mengisi parameter-parameter yang dibutuhkan untuk template domain yang akan kita buat dan setelah kita menekan tombol next akan ditampilkan jendela selanjutnya.

add file to template domain
Pada jendela ini kita bisa menambahkan file-file mana saja yang akan ditambahkan pada template domain yang akan kita buat. Namun ada beberapa file atau direktori yang kita tidak perlu menambahkannya karena secara otomatis akan ditambahkan seperti direktori bin, servers, config. Setelah kita tentukan file-file yang akan kita tambahkan selanjutnya kita tekan tombol next dan akan menuju jendela selanjutnya.

summary template domain of jms server
Sebelum jendela ini diampilkan sebetulnya ada beberapa jendela yang muncul yaitu untuk setting nama admin server dan jdbc tambahan, isian username dan password serta script untuk start admin server. Pada jendela ini kita akan ditampilkan summary dari tambahan server yang akan dibuat template seperti ManagedServer, setting JMS dan lain-lain. Setelah kita tekan tombol next maka akan ditampilkan jendela selanjutnya.

create file jar for template
Pada bagian ini akan kita diharuskan mengisi nama jar dari template yang akan kita buat sekaligus di direktori mana file tersebut akan dibuat. File jar ini akan kita gunakan disaat akan membuat domain di mesin lain dimana file ini adalah sebagai templatenya. Setelah kita tentukan nama file berikut lokasinya maka kita harus menekan tombol create.

create template done
Pada tahap ini template domain telah selesai dibuat dan anda bisa cek pada direktori yang telah kita definisikan maka akan ada sebuah template domain (file jar) dengan nama seperti yang telah kita definisikan sebelumnya.

Sumber: http://ananthkannan.blogspot.com/




Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco