Konfigurasi JMS Queue Oracle Weblogic

Setelah kita membuat domain, konfigurasi managed server kini pada tulisan ini saya akan membahas mengenai konfigurasi JMS queue pada oracle weblogic. Seperti pada tulisan saya sebelumnya kegiatan ini dilaksanakan pada oracle weblogic 10.3. Untuk memulai kegiatan ini sebelumnya kita harus menyalakan terlebih dahulu domain yang telah kita buat.

Pada prinsipnya untuk membuat domain pada weblogic hanya terdiri dari dua cara yaitu konfigurasi jms server dan konfigurasi jms module. Namun, pada kedua konfigurasi tersebut ada dua kegiatan tambahan seperti konfigurasi Connection Factory, Queue, File Store dan Sub-Deployment. Setelah kita berhasil login ke dalam weblogic console maka tibalah saatnya kita ‘mengacak-acak daleman’ dari weblogic tersebut.

1. Konfigurasi JMS Server
Pada langkah ini terlebih dahulu kita harus membuka pada bagian Domain Structure => Service => JMS Servers. Setelah berhasil maka akan ditampilkan jendela untuk membuat JMS Server. Selama melakukan proses ini terdapat tambahan kegiatan yaitu konfigurasi file store. Untuk rangkuman dari kegiatan ini bisa dilihat pada file berikut konfigurasi JMS Server pada oracle weblogic.

2. Konfigurasi JMS Module
Setelah berhasil membuat JMS Server maka kita segera menuju langkah selanjutnya yaitu konfigurasi pembuatan JMS Module. Untuk memulai membuat JMS Module dapat diakses dari menu Domain Structure => Service => JMS Moduless. Pada langkah ini kita akan ditampilkan sebuah jendela untuk konfigurasi JMS System Module. Selama melakukan kegiatan ini terdapat beberapa kegiatan tambahan yaitu: Membuat Connection Factory, Membuat Queue dan Membuat Sub-Deployment. Semua langkah ini dapat dilihat pada file berikut konfigurasi JMS Modules pada Oracle Weblogic.

Demikian kegiatan ini saya akhiri dan selanjutnya akan menuju pada kegiatan berikutnya yaitu sending dan receive message. Semoga kegiatan ini dapat membantu. Terima Kasih.

Sumber: http://middlewaremagic.com/




Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco