Install Oracle XE 10 di Fedora

Pada tulisan kali ini akan dibahas mengenai proses installasi oracle xe 10 di fedora 17. Pada praktik kali ini OS fedora yg digunakan berada di virtual box dan proses installasi dilakukan secara remote dari komputer host. Sebelum proses installasi dimulai terlebih dahulu kita harus download oracle-xe-univ-10.2.0.1-1.0.i386.rpm. Adapun langkah-langkah untuk proses installasi adalah sebagai berikut (semua proses dilakukan sebagai root: su – root):

Buat User oracle
Pada tahap ini buat user dan group oracle yang mana perintahnya dilakukan melalui terminal yang dapat dilihat pada perintah berikut.

groupadd oracle
useradd -g oracle oracle

Install Software Pendukung
Pada kali ini langkah yang harus dilakukan adalah proses installasi library yang dibutuhkan oleh oracle dan proses ini wajib dilakukan.

yum install install bc libc.so.6 libaio.so.1 gcc libaio compat-libstdc++-33

Install Oracle
Pada tahap ini maka kita akan menuju tempat lokasi file oracle hasil download berada kemudian jalankan perintah berikut.

cd location_of_oracle-xe-univ-10.2.0.1-1.0.i386.rpm
yum install --nogpgcheck oracle-xe-univ-10.2.0.1-1.0.i386.rpm

Konfigurasi Database
Pada tahap ini kita akan melakukan setting konfigurasi database disesuaikan dengan konfigurasi keinginan anda (port, autostart, dll). Adapun untuk melakukannya dapat dilakukan dengan perintah berikut.

/etc/init.d/oracle-xe configure

Dengan berakhirnya langkah-langkah diatas maka proses installasi sudah selesai dilakukan. Namun, ada satu kendala dimana oracle belum bisa diakses secara remote (dari komputer host). Agar database dapat diakses dari komputer host maka langkah-langkahnya dapat dilihat pada tulisan Menjalankan Oracle XE secara Remote di Virtualbox.

Sumber:
INSTALL ORACLE 10G XE ON FEDORA




Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco