Menjalankan Oracle XE secara Remote di Virtualbox

Pada tulisan sebelumnya Install Oracle XE 10 di Fedora telah dibahas cara installasi oracle XE 10 di fedora pada virtualbox. Sayangnya hasil dari tulisan tersebut, oracle belum bisa dijalankan secara remote. Pada tulisan kali ini akan membahas konfigurasi oracle agar dapat dijalankan secara remote di komputer host. Adapun langkah-langkah untuk konfigurasinya adalah sebagai berikut.

Disable Firewall
Langkah pertama agar oracle bisa diakses adalah dengan menon-aktifkan firewall. Seringkali jika firewall dalam keadaan aktif maka oracle pun ter-blok sehingga kita tidak dapat mengaksesnya. Langkah untuk disable firewall diambil dari Disable Firewall pada Fedora. Langkah untuk melakukannya dilakukan melalui terminal (sebagai root) dengan perintah berikut.

chkconfig iptables off

Aktifkan SQLplus
Pada saat install, apa yang kualami adalah gagal untuk mengakses SQLplus, untuk itu terlebih dahulu kita harus bisa aktifkan SQLplus terlebih dahulu. SQLPlus akan digunakan untuk langkah selanjutnya yaitu untuk konfigurasi listener oracle. Untuk mengaktifkan SQLPlus ini langkahnya kuambil dari error while connecting sqlplus through Putty. Adapun rangkuman dari syntax yang digunakan adalah sebagai berikut.

find / -name oracle_env.sh -print
source /path/to/oracle_env.sh
sqlplus

Atur Listener Koneksi Oracle
Pada langkah kali ini kita akan mengatur konfigurasi agar listener oracle dapat diakses dari luar (secara remote). Seperti telah dijelaskan diatas proses untuk konfigurasi listener dilakukan dari SQLPlus. Untuk perintahnya sendiri diambil dari allow an Oracle to accessed remotely yang mana perintahnya adalah sebagai berikut.

EXEC DBMS_XDB.SETLISTENERLOCALACCESS(FALSE);

Apabila semua proses telah dilakukan maka anda pun sudah bisa mengakses oracle dari komputer host.




Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco