Konfigurasi Emulator di Android Studio

Tulisan kali ini akan membahas mengenai cara untuk konfigurasi Android Virtual Device (Emulator) di Android Studio. Untuk versi Android Studio yang digunakan adalah versi 1.5.1 yang bisa di download pada link berikut Android Studio Download. Untuk proses installasi Android Studio bisa dilihat pada link berikut how to install Android Studio. Satu hal yang harus dilakukan pada saat installasi Android Studio adalah untuk menambahkan Android SDK Home ke dalam environment variable OS.

Setelah proses installasi selesai dilakukan maka untuk melakukan konfigurasi Android Virtual Device (AVD) adalah dengan cara mengakses menu AVD Manager. Menu AVD Manager dapat diakses melalui dua cara yaitu:
[ANDROID_SDK_HOME] -> AVD Manager, atau
Tools -> Android -> AVD Manager.

Setelah kita masuk ke windows Android Virtual Device Manager maka langkah yang akan kita lakukan adalah menekan tombol Create Virtual Device. Pada windows ini kita akan diberi pilihan daftar device yang akan kita gunakan sebagai emulator.

Untuk pilihan device yang akan digunakan pada tulisan ini adalah Nexus S 4″ seperti yang bisa dilihat pada gambar berikut. Pemilihan device ini dilakukan karena memory yang digunakan relatif kecil dan proses loading emulatornya lebih cepat.
AVD Emulator options

Setelah kita memilih device yang akan digunakan klik tombol Next dan kita pun akan menuju windows System Image untuk memilih versi API yang akan digunakan. Pada tulisan ini akan digunakan versi Jelly Bean seperti terlihat pada gambar berikut untuk kemudian klik tombol Next.
Android OS Emulator options
Jika versi Jelly Bean tidak tersedia, anda dapat menginstall dengan cara mencentang pilihan Show downloadable system images untuk kemudian download pada pilihan yang akan digunakan.

Setelah kita memilih versi API yang digunakan maka selanjutnya kita akan memilih detail dari versi image yang akan digunakan. Untuk pilihan isian detail pada tulisan ini bisa dilihat pada gambar berikut.
Image detail Android Emulator

Jika pilihan sudah sesuai maka langkah selanjutnya adalah klik tombol finish dan akan ditampilkan resume dari hasil konfigurasi image yang sudah dilakukan. Sebagai ilustrasi tampilan dari hasil konfigurasi image bisa dilihat pada gambar berikut.
Virtual Device Manager Selected

Untuk menjalankan hasil dari image yang sudah kita konfigurasi, kita dapat menekan tombol yang berbentuk segitiga warna hijau. Setelah beberapa saat menunggu maka akan ditampilkan windows berikut.
Tampilan Android Virtual Device




Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco