Konfigurasi Android Emulator untuk Menjalankan Google Map

Pada tulisan kali ini akan dibahas mengenai cara untuk melakukan konfigurasi android emulator (avd) sehingga dapat menjalankan google map di emulator android. Sebelum lanjut ke dalam kegiatan ini terlebih dahulu kita harus melakukan konfigurasi android emulator seperti terlihat pada tulisan sebelumnya yaitu Konfigurasi Android Emulator (AVD) di Android Studio. Untuk melakukan percobaan ini kita harus menyiapkan file Google Play Service apk dan Google Play Store apk.

Pada percobaan ini versi apk dari Google Play Store yang digunakan adalah versi 6.1.12 sedangkan versi apk untuk Google Play Service adalah versi 8.4.89. Hal yang perlu diingat lainnya adalah versi minimum dari masing-masing file tersebut. Untuk percobaan ini versi minimum yang di support adalah Android 2.3+ (Gingerbread, API 9). Setelah kita download kedua file tersebut maka langkah pertama yang kita lakukan adalah jalankan Android Emulator. Setelah emulator dijalankan maka buka dos lalu arahkan ke direktori tempat file apk berada.

Untuk mempersingkat penamaan maka file-file apk pada percobaan ini telah di rename dan dikumpulkan dalam 1 (satu) direktori yaitu android-repository. Setelah emulator dijalankan maka ketikkan perintah berikut.

adb devices
adb install com.android.vending-80430500.apk
adb install com.google.android.gms-8489030.apk

Masing-masing perintah (2, 3) memerlukan waktu cukup lama sehingga kita harus cukup sabar menunggu. Pastikan kembalian dari perintah-perintah tersebut adalah Success seperti terlihat pada gambar dibawah.
install google play service on emulator
Jika pada jendela dos menampilkan hasil seperti gambar diatas maka percobaan telah berhasil dan anda bisa menjalankan project Google Map di emulator.

Tags: avd google map, android emulator google map configuration, google play emulator configuration




Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco