Installasi Windows dan Linux di Mac Mini

Pada tulisan ini saya akan membahas proses installasi (triple boot) yaitu macOS High Sierra (10.12.5), Linux (Fedora 27) dan Windows 10 di mesin Mac Mini (EN2; i5; 2.6GHz; late 2014, specs lengkap). Hasil akhir dari proses installasi bisa dilihat pada gambar berikut.

triple booting mac windows linux

Langkah pertama yang harus dilakukan agar bisa melakukan triple booting adalah membuat partisi. Proses partisi di macOS bisa dilakukan dengan menggunakan tool Disk Utility. Tool ini dapat diakses melalui menu: Finder > Go > Utilities (kemudian klik pada icon Disk Utility). Untuk cara penggunaan Disk Utility bisa dilihat pada link berikut How to Use macOS Sierra Disk Utility. Adapun hasil dari proses partisi pada percobaan ini secara garis besara terdiri dari:
Macintosh HD, Win10 (ExFAT), LINUX (ExFAT) dan DATA (untuk partisi terakhir optional, ExFAT). Semua partisi tersebut bisa dilihat pada gambar dibawah. Partisi LINUX setelah installasi Fedora berubah nama menjadi diskOs8.
partisi disk menggunakan disk utility

Setelah proses partisi selesai dilakukan maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan tool yang diperlukan, yaitu: FlashDisk (8GB), Windows 10 iso, Driver Windows untuk Mac Hardware, Fedora 27 iso dan Fedora Media Writer. Setelah semua tool terkumpul maka proses installasi dapat segera dilakukan dengan asumsi masing-masing iso sudah dibuat ke dalam bentuk Live USB boot.

Langkah installasi yang dilakukan untuk pertama kali adalah install Windows 10. Proses installasi windows dapat dilakukan dengan menggunakan tool Boot Camp Assistant. Namun, pada tulisan ini proses installasi akan dilakukan secara manual karena jika dengan menggunakan Boot Camp, kita tidak bisa membuat partisi lebih dari 2 buah (kalau pun bisa akibatnya windows jadi tidak bisa diakses). Proses installasi windows pada mesin mac pada dasarnya sama dengan proses installasi pada mesin intel/AMD. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah booting dari USB. Untuk memilih menu booting saat restart Mac maka tekan tombol Alt (Keyboard standard) atau Command (Keyboard Mac). Setelah itu pilih media installasi dari USB dan lakukan proses installasi seperti biasa. Setelah proses installasi selesai, untuk melakukan installasi driver maka yang harus dilakukan adalah masuk ke dalam sistem operasi windows lalu masukkan USB tempat driver kemudian proses installasi bisa segera dilakukan.

Untuk proses installasi Linux Fedora pada prinsipnya sama dengan proses installasi pada Windows 10. Dimana setelah kita pilih media installasi maka kita tinggal ikuti tahap proses installasi pada Fedora. Semua proses yang dibutuhkan dapat dilihat pada link video berikut Triple boot Apple Mac easily, with OS X , Fedora Linux and Windows 10. Demikian proses installasi triple boot pada mesin Mac Mini. Semoga bisa membantu dan jika ada yang kurang jelas bisa ditanyakan melalui komentar dibawah.

tags: Triple Booting Mac, Install Linux di Mac, Install Windows di Mac




Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco